RSS

Arsitektur Komputer & Kognisi Manusia (Tugas 2)

02 Oct
  Arsitektur Komputer & Kognisi Manusia (Tugas 2)
            Perubahan teknologi semakin maju, sampai saat ini teknologi apa saja yang dapat membantu manusia? Contoh kecilnya saja untuk membuat tugas, tugas yang berhubungan dengan internet yah sama seperti yang saya kerjakan sekarang J . Kita tinggal menyalakan komputer , menghubungkan komputer dengan internet dan kemudian ketik keyword apa yang ingin kita cari…. dannn dalam waktu sekejap apa yang ingin kita cari bisa didapatkan, sekarang tinggal kita nya aja yang memilih sumber-sumber yang dapat dipercaya. Nah pada saat memilih data apa saja yang akan kita ambil disinilah otak kita bekerja atau proses kognitif manusia bekerja.
Apa yang saja tulis diatas berhubungan dengan apa yang akan saya bahas nanti yaitu hubungan antara arsitektur komputer dengan kognisi manusia.  Apa sudah ada yang tau apa hubungannya? Sebelum menjelaskan apa hubungannya, ada baiknya kita mengetahui maksud dari arsitektur, komputer, kognisi, dan manusia secara detail.
Pertama saya akan membahas sedikit tentang komputer, yuuk di baca dengan baik.
1. Arsitektur
Arsitektur dapat didefinisikan sebagai gaya konstruksi dan organisasi dari komponen-komponen sistem komputer. Walaupun elemen-elemen dasar komputer pada hakekatnya sama atau hampir semuanya komputer digital, namun terdapat variasi dalam konstruksinya yang merefleksikan cara penggunaan komputer yang berbeda. (1)
Arsitektur adalah seni dan ilmu dalam merancang bangunan. Dalam artian yang lebih luas, arsitektur mencakup merancang dan membangun keseluruhan lingkungan binaan, mulai dari level makro yaitu perencanaan kota, perancangan perkotaan, arsitektur lansekap, hingga ke level mikro yaitu desain bangunan, desain perabot dan desain produk. Arsitektur juga merujuk kepada hasil-hasil proses perancangan tersebut. (2)
Sedangkan menurut Ariyanto (2011) arsitektur yaitum enyusun fitur-fitur yang ada agar dapat dimanfaatkan oleh programmer. (3)
2. Komputer
     a. Pengertian Komputer
  • Pada umumnya komputer adalah alat elektronik yang terdiri dari CPU, monitor, dan keyboard. Kata komputer sudah tidak asing lagi bagi kita, sebagian besar orang pasti mengetahui apa itu komputer, komputer juga sangat membantu pekerjaan manusia. Mulai dari untuk menyelesaikan pekerjaan di kantor, tugas kuliah, bahkan hanya untuk browsing di rumah.
  • Komputer merupakan suatu sistem yang terdiri atas peralatan atau komponen  perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) yang bekerja secara otomatis. (4)
  • Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.(5)
  • Selain itu, ada yang mengatakan bahwa komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas. (6)
      b. Bagian-bagian Komputer(7)
1)   Perangkat keras
  • Pemroses atau CPU sebagai unit yang mengolah data
  • Memori RAM, tempat menyimpan data sementara
  • Hard drive, media penyimpanan semi permanen
  • Perangkat masukan, media yang digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh UPS, seperti mouse, keyboard, dan tablet
  • Perangkat keluaran, media yang digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU, seperti monitor,speaker,plotter,proyektor dan printer
2)   Perangkat lunak
Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi software.
 
Merupakan aplikasi tambahan yang dipasang sesuai dengan sistem operasinya
 
3)   Slot pada komputer
  • ISA/PCI, slot untuk masukan kartu tambahan non-grafis
  • AGP/PCIe, slot untuk masukan kartu tambahan grafis
  • IDE/SCSI/SATA, slot untuk hard drive/ODD
  • USB, slot untuk masukan media plug-and-play (colok dan mainkan, artinya perangkat yang dapat dihubungkan ke komputer dan langsung dapat digunakan)
      c. Struktur Komputer (8)
Komputer terdiri atas banyak komponen, diantara komponen itu seperti prosesor/memori. Sitem komputer dengan berbagai komponen itu dapat dipandang dari beberapa segi. Salah satu segi pandang adalah konsep atau tingkat konsep yang menjadi dasar dari sistem komputer, segi lain adalaha cara kerja dari konsep komputer tersebut yaitu:
1)   Tingkat Konsep
  • Tingkat-konsep Elektronika
Pada tingkat ini, bentuk komputer terdiri atas sejumlah rangkaian komponen elektronika ditambah dengan komponen mekanika, magnetika, dan optika.
  • Tingkat-konsep Rangkaian Sakelar
Pada tingkat ini, kita dapat melihat bahwa rangkaian elektronika yang rumit itu sesungguhnya membentuk banyak sekali sakelar elektronika.
  • Tingkat-konsep Transfer Register
Pada tingkat ini, kita dapat melihat bahwa  berbagai kelompok sakelar di dalam komputer itu membentuk sejumlah register. Ada register logika dan aritmatika yang dapat melakukan pengolahan logika dan aritmatika, ada register akumulator untuk menampung berbagai unsur informasi, ada register indeks untuk mencatat indeks, ada register alamat memori untuk mencatat alamat memori, ada register pencacah untuk mencacah urutan tata olah atau program, dana ada register memori untuk menyimpan informasi.
  • Tingkat-konsep Arsitektur
Pada tingkat ini kita dapat ,elihat bahwa berbagai register di dalam komputer itu tersusun dalam suatu arsitektur tertentu.
  • Tingkat-konsep Diagram Blok
Pada tingkat-konsep diagram blok tertinggi, arsitektur komputer atau sistem komputer itu dapat di peta-petakan ke dalam sejumlah blok, seperti blok masukan, blok satuan prosesor pusat, blok memori kerja, dan blok lainnya yang sejenis.
2)   Kerja Komputer
  •  Kerja komputer pada tingkat-konsep
Pada tingkat-konsep diagram-blok, kerja itu berlangsung sebagai lalu lintas nformasi di dalam dan diantara blok pada sistem komputer.
  • Kerja komputer pada fungsi komputer
Melihat kerja komputer dari segi fungsi komputer. Kerja komputer terdiri atas sejumlah kegiatan masukan, catatan, olahan, dan keluaran.
  • Kerja komputer pada rekaman
Jika diperlukan, kegitan kerja komputer dapat dilengkapi dengan kegiatan rekaman, pada rekaman kita merekam informasi dari dalam komputer ke alat perekam serta kemudian pada saat di perlukan membaca atau mengutip kembali rekaman itu dari alat perekam ke dalam komputer.
d. Fungsi Komputer (9)
1. Data processing
–  Penjumlahan, pengurangan, konversi terhadap data, dll
2. Data storage
– Penyimpanan data hasil pemrosesan
– Pengambilan data yang telah disimpan
3. Data movement (I/O, komunikasi data)
–  Pergerakan data internal (di dalam komputer)
–  Pergerakan data eksternal (komputer dengan peralatan lain)
4. Control
– Pengendalian ke-3 proses fungsi komputer di atas
 
e. Evolusi Komputer (10)
Evolusi komputer terjadi dari beberapa generasi melalui perubahan komponen komponen pembentuknya yaitu :
1. Tabung hampa
2. Transistor
3. Integrated Circuit (IC)
4. Mikro elektronik
5. Mikroprocessor
 
3. Kognisi
a. Pengertian Kognisi
-Kognisi adalah proses berfikir atau pemrosesan informasi seseorang/manusia.
-Fungsi akal adalah menerima dan memproses berbagai informasi yang diterima melalui alat indera, kemudian disimpan dan dimunculkan kembali pada saat diperlukan. Fungsi ini dikenal dalam psikologi dengan istilah kognisi. Kognisis sebagai salah satu instrumen yang menjadi modalitas bagi manusia memegang peranan penting dalam kehidupan manusia. Pengalaman-pengalamn dalam berinteraksi dengan lingkungan akan disimpan didalam gudang memori untuk dijadikan bahan pengetahuan yang mungkin diperlukan pada suatu waktu. (11)
-Kognisi adalah suatu kegiatan pikiran, saat seseorang sadar akan objek suatu pemikiran atau persepsi. Kognisi mencakup semua aspek pikiran dan memori. Semakin sering terjadi peningkatan, makin besar efeknya terhadap fungsi kognitif. (12)
-Proses kognitif adalah proses untuk memperoleh pengetahuan di dalam kehidupan yang diperoleh melalui pengalaman. Yang berkenaan dengan pengalaman disini adalah pengalaman indriawi. Proses kognitif melibatkan berbagai indera kita, yaitu penglihatan, penciuman, perabaan, pengecapan dan pendengaran, di samping kesadaran dan perasaan. (13)
-Kognisi adalah kegiatan-kegiatan mental yang dibutuhkan dalam memperoleh, menyimpan, mendapat kembali, dan menggunakan pengetahuan. Kognisi meliputi proses-proses mental, seperti mempersepsikan, belajar, mengingat, menggunakan bahasa, dan berfikir. Bagian dari kognisi adalah sensasi dan persepsi, perhatian, ingatan, asosiasi, penilaian, pikiran, dan kesadaran.(14)
 
b. Pendekatan Kognisi
Darlene V. Howard (dalam Basuki, 2008) mengemukakan pandangan dari pendekatan kognisi dapat dikemukakan sebagai berikut : (15)
1)Pendekatan kognisi lebih menekankan cara mengetahui (knowing) dan bukan dengan cara memberikan respon (responding). Pendekatan ini cenderung untuk menemukan cara ilmiah yang ditempuh proses mental seorang individu dalam upayanya memperoleh penguasaan (acquistion) dan pengaplikasian (appication) pengetahuan. Ini berarti penekanan pendekatan kognitif bukan pada hubungan stimulus-respon tetapi pada apa yang terjadi dalam proses mental tersebut.
2)Pendekatan kognisi lebih menekankan struktur mental atau pengaturan/pengorganisasian. Pemberian tekanan pada fungsi pengaturan ini tampak jelas pada Jean Piaget yang telah memberikan konstribusinya dalam pemahaman tentang perkembangan manusia khususnya perkembangan kognisi. Piaget menyatakan bahwa semua makhluk hidup dilahirkan dengan keahlian yang berbeda untukmmengatur pengalaman dan keahlian ini merupakan faktor pendorong dalam perkembangan kognisi.
3)Pendekatan kognisi mempersepsikan individu sebagai makhluk yang aktif, konstruktif, berencana, dan bukannya makhluk yang pasif menerima stimulus dari lingkungan. Para ahli teori kognisi memandang individu sebagai pelaku aktif dalam proses pemerolehan dan aplikasi pengetahuan. Kemudian mereka berpendapat bahwa manusia arus melakukan analisis tentang strategi yang digunakan dalam berfikir, mengingat, memahami dan juga dalam menghasilkan bahasa.
 
c. Asumsi teori kognisi (16)
Menurut Howard (dalam Basuki, 2005) teori kognisi yang dapat juga disebut sebagai teori pemrosesan informasi memiliki tiga asumsi sebagai berikut :
1)Antara stimulus dan respon terdapat rangkaian tahapan pemrosesan yang tiap tahapannya memerlukan jumlah waktu yang pasti.
2)Jika stimulus diproses melalui tahapan tersebut maka bentuk dan isi stimulus diasumsikan telah melalui sejumlah tahapan perubahan atau transformasi.
3)Asumsi yang menyatakan bahwa setiap tahapan dari sistem pemrosesan memiliki kapasitas terbatas, artinya adanya batasan dalam jumlah pemrosesan yang dilakukan secara berkesinambungan.
 
d. Fungsi-fungsi Kognisi (17)
1)   Atensi dan kesadaran
Atensi adalah pemrosesan secara sadar sejumlah kecil informasi dari sejumlah besar informasi yang tersedia. Informasi didapatkan dari penginderaan, ingatan dan proses kognitif lainnya. Atensi terbagi menjadi atensi terpilih (selective attention)dan atensi terbagi (divided attention). Kesadaran meliputi perasaan sadar maupun hal yang disadari yang mungkin merupakan fokus dari atensi.
2)   Persepsi
Persepsi adalah rangkaian proses pada saat mengenali, mengatur dan memahami sensasi dari panca indera yang diterima dari rangsang lingkungan. Dalam kognisi rangsang visual memegang peranan penting dalam membentuk persepsi. Proses kognif biasanya dimulai dari persepsi yang menyediakan data untuk diolah oleh kognisi.
3)   Ingatan
Ingatan adalah saat manusia mempertahankan dan menggambarkan pengalaman masa lalunya dan menggunakan hal tersebut sebagai sumber informasi saat ini. Proses dari mengingat adalah menyimpan suatu informasi, mempertahankan dan memanggil kembali informasi tersebut. Ingatan terbagi dua menjadi ingatan implisit dan eksplisit. Proses tradisional dari mengingat melalui pendataan penginderaan, ingatan jangka pendek dan ingatan jangka panjang.
4)   Bahasa
Bahasa adalah menggunakan pemahaman terhadap kombinasi kata dengan tujuan untuk berkomunikasi. Adanya bahasa membantu manusia untuk berkomunikasi dan menggunakan simbol untuk berpikir hal-hal yang abstrak dan tidak diperoleh melalui penginderaan. Dalam mempelajari interaksi pemikiran manusia dan bahasa dikembangkanlah cabang ilmu psikolinguistik
5)   Pemecahan masalah dan kreativitas
Pemecahan masalah adalah upaya untuk mengatasi hambatan yang menghalangi terselesaikannya suatu masalah atau tugas. Upaya ini melibatkan proses kreativitas yang menghasilkan suatu jalan penyelesaian masalah yang orisinil dan berguna.
 
 4. Manusia
Manusia atau orang dapat diartikan berbeda-beda dari segi biologis, rohani, dan istilah kebudayaan, atau secara campuran. Secara biologis, manusia diklasifikasikan sebagai Homo sapiens (Bahasa Latin yang berarti “manusia yang tahu”), sebuah spesies primata dari golongan mamalia yang dilengkapi otak berkemampuan tinggi. Dalam hal kerohanian, mereka dijelaskan menggunakan konsep jiwa yang bervariasi di mana, dalam agama, dimengerti dalam hubungannya dengan kekuatan ketuhanan atau makhluk hidup; dalam mitos, mereka juga seringkali dibandingkan dengan ras lain. Dalam antropologi kebudayaan, mereka dijelaskan berdasarkan penggunaan bahasanya, organisasi mereka dalam masyarakat majemuk serta perkembangan teknologinya, dan terutama berdasarkan kemampuannya untuk membentuk kelompok dan lembaga untuk dukungan satu sama lain serta pertolongan. Penggolongan manusia yang paling utama adalah berdasarkan jenis kelaminnya. Secara alamiah, jenis kelamin seorang anak yang baru lahir entah laki-laki atau perempuan. Anak muda laki-laki dikenal sebagai putra dan laki-laki dewasa sebagai pria. Anak muda perempuan dikenal sebagai putri dan perempuan dewasa sebagai wanita.(18)
 
 5. Kognisi Manusia
Kognisi manusia adalah suatu unsur yang saling berhubungan antara satu sama yang lain yang saling berakomodir atau saling melengkapi antara fungsi-fungsi, skema. Seperti bagian otak yang mengakomodir unsur atau organ bagian -bagian tubuh manusia yg menjadikan suatu sistem yang kompleks. (19)
 
 6. Arsitektur Komputer
a. Pengertian Arsitektur Komputer
– 1950 -1960 : Arsitektur komputer adalah suatu komputer aritmatik. .(20)
– 1970 –pertengahan1980 : Arsitektur komputer adalah suatu desain instruksi untuk suatu kompiler. (20)
– 1990 : Arsitektur komputer adalah suatu bentuk desain CPU, sistem memori, sistemI/O, multi prosesor dan network komputer. (20)
2010 : Arsitektur komputer : suatu sistem yang dapat beradaptasi sendiri, struktur yang dapat mengorganisasikan sendiri, sistem DNA.(20)
Arsitektur komputer berkaitan dengan atribut-atribut sebuah system yang tampak (visible) bagi seorang pemrogram yang mempunyai dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program.(21)
– Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene, dll.(22)
 
b. Ada 2 bagian pokok arsitektur komputer (23) :
1)   Instructure Set Architecture
Spesifikasiyang menentukan bagaimana programmer bahasa mesin berinteraksi dengan komputer.
2)   Hardware System Architacture
Meliputi sub sistem hardware dasar yaitu CPU, Memori, dan I/O system
 
c. Macam-macam Komputer yang tersedia untuk mengembangkan arsitektur komputer yang mendukung sistem informasi bisnis adalah (24) :
1)   Mainframe
2)   Minikomputer
3)   Mikrokomputer
 
d. Klasifikasi Arsitektur Komputer (25)
1)   Mesin Von Neumann
Kriteria Mesin Von Neumann:
– Mempunyai tiga subsistem hardware dasar yaitu sebuah CPU, sebuah sistem memori utama, dan sebuah sistem I/O
– Merupakan komputer stored program yaitu sistem memori untuk menyimpan program yang mengontrol operasinya, dan komputer dapat mengubah programnya sendiri untuk menambah atau mengurangi data lain yang ada di dalam memori.
– Menjalankan instruksi secara berurutan. CPU menjalankan, atau setidaknya akan menjalankan satu operasi dalam sekali waktu.
– Mempunyai satu path antara sistem memori utama dan unit kontrol CPU biasanya dinamakan “Von Neunmann bottleneck”
2)   Mesin Non-Von Neumann
Tidak semua komputer merupakan mesin von Neumanm. Flynn, pada tahun 1996 mengklasifikasikan arsitektur komputer menurut berbagai sifatnya yaitu :
– Jumlah prosesor
– Jumlah program yang dapat dijalankan
– Struktur memori
Klasifikasi diatas mencakup beberapa kategori berikut :
– Single instruction stream, single data stream (SISD) / satu aliran instruksi, satu aliran data.
– Single instruction stream, multiple data stream (SIMD) / satu aliran instruksi, beberapa aliran data.
– Multiple instruction stream, single data stream (MISD) / beberapa aliran instruksi, satu aliran data.
-Multiple instruction stream, multiple data stream (MIMD) / beberapa aliran instruksi, beberapa aliran data.
 
e. Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan arsitektur komputer (26) :
1) Manfaat Arsitektural
Secara umum ada empat ukuran pokok yang menentukan keberhasilan arsitektur, yaitu manfaat arsitekturalnya :
a)  Daya terap : sebaiknya, arsitektur ditujukan untuk aplikasi yang telah ditentukan.
b) Daya tempa : bila arsitektur lebih mudah membangun sistem yang kecil, maka itu akan lebih baik.
c) Daya kembang : lebih besar daya kembang arsitektur dalam daya komputasi, ukuran memori, kapasitas I/O, dan jumlah prosesor maka akan lebih baik.
d) Kompatibilitas (daya serasi-pasang) : lebih kompatibelnya arsitektur dengan komputer sebelumnya dari rumpun yang sama maka akan lebih baik.
2)   Kinerja Sistem
Kinerja sistem sebagian ditentukan oleh kecepatan komputer. Jadi, itu tidak mengukur manfaat arsitekturnya, namun mengukur implementasinya. Namun demikian kinerja yang baik sangat dibutuhkan oleh banyak aplikasi, dan para pemakai banyak meluangkan waktu dan tenaganya untuk mengukur kinerja sistem ini. Untuk mengukur kinerja komputer, para arsitek menjalankan serangkaian program yang standart, yang disebut benchmark, pada komputer. Benchmark memungkinkan arsitek untuk menentukan kecepatan relatif dari semua komputer yang menjalankan benchmark tersebut dan menentukan kecepatan absolut dari tiap komputer. Hasilnya bermanfaat bagi arsitek untuk melaporkan kinerja sistem dengan menggunakan berbagai performance metrics yang menyatakan hasil tersebut berdasarkan kecepatan relatif atau absolut.
3)   Biaya Sistem
Biaya dapat diukur dalam banyak cara, dan biaya selain harga pembelian sistem  hardware umumnya juga penting. Metrik biaya lain juga bervariasi dari sistem yang satu ke yang lain dan dari waktu ke waktu. Beberapa aplikasi dengan metrik tersebut diperlukan :
a) Reliabilitas (keandalan) : sangat diperlukan oleh komputer yang digunakan untuk mengontrol penerbangan, mengontrol keamanan instalasi nuklir, atau kegiatan apa saja yang mempertaruhkan keselamatan manusia.
b) Kemudahan perbaikan khususnya penting bagi komputer yang mempunyai jumlah komponen yang besar.
c) Konsumsi daya atau sama dengan generasi panas, khususnya dibutuhkan oleh sistem yang digunakan untuk ruang angkasa.
d) Berat khususnya diperlukan bagi sistem ruang angkasa.
e) Kekebalan atau kemampuan untuk menahan goncangan atau ketahanan dari lingkungan yang tidak mendukung adalah sangat penting untuk sistem yang digunakan dalam militer, yang memerlukan ketahanan terhadap kesalahan penggunaan secara fisik dan pengaruh kerusakan lingkungan.
f)Kualitas antar muka sistem software, yang diukur dengan kemudahan penggunaan dan tingkat standarnya penting bagi komputer.
 
7. Hubungan Arsitektur Komputer dengan Kognisi Manusia
   Apakah ada hubungannya arsitektur komputer dengan kognisi manusia ?
Jawabannya jelas ada, karena arsitektur komputer itu diciptakan oleh manusia, manusia yang membuat program, pola sistem komputer, kinerja komputer seperti apa. Dimana pada saat membuat rancangan komputer tersebut otak manusia berpikir atau bekerja dimana otak manusia berusaha memproses apa yang akan di rancang pada sebuah sistem komputer tersebut agar dapat digunakan dan bermanfaat bagi orang banyak. Jadi kesimpulannya bahwa kognisi manusia saling berhubungan dengan arsitektur komputer, seperti bagian otak yang mengakomodir organ tubuh manusia menjadi suatu sistem yang kompleks, dimana manusia dapat mengontrol pikirannya, sementara  komputer tidak dapat mengontrol sendiri tetapi manusialah yang mengontrol sistematis kerja sebuah komputer, komputer dapat memenuhi kebutuhan fungsional manusia. Sebagai contoh sebuah perusahaan mempunyai komputer yang sudah ada programnya yang dirancang oleh manusia, tetapi apakah sistem itu akan berjalan sendiri tanpa ada manusia? Jadi sudah tahu kan apa hubungannya ? Semoga blog ini bermanfaat🙂
 
 
Referensi :
  1. Anonim. (2012). Modul 1: Arsitektur komputer. http://adisupe.files.wordpress.com/2010/07/modul_1_-_pengenalan_ask.pdf
  2. http://id.wikipedia.org/wiki/Arsitektur
  3. Ariyanto, E. (2011). CS2624-Computer Organization & architecture (COA) : Konsep organisasi dan arsitektur komputer. http://books.google.co.id
  4. http://www.ittelkom.ac.id/staf/end/Perkuliahan/COA%20CS2624/Slide/Pert-01%20Pendahuluan%2020110205.pdf
  5. Fauziah . (2008). Jago teknologi informasi & komunikasi  SMP. Jakarta : Media Pusindo. http://books.google.co.id
  6. http://multimediaplasa.files.wordpress.com/2010/02/pengertian-komputer.pdf
  7. Kuswayatno, L., dkk. (2006). Mahir berkomputer  : teknologi informasi dan komunikasi untuk kelas VII SMP Jilid 1. Jakarta : Grafindo. http://books.google.co.id
  8. http://id.wikipedia.org/wiki/Komputer#Bagian-bagian_komputer
  9. Dali, S.N. (1996). Sistem operasi komputer : Teori dan soal. Penerbit Gunadarma.
  10. Ariyanto, E. (2011). CS2624-Computer Organization & architecture (COA) : Konsep organisasi dan arsitektur komputer. http://books.google.co.id
  11. Anonim. (2012). Hand out arsitektur komputer TI 1,2,3,4.
  12. Hude, D.M. (2006). Emosi : penjelajahan religio-psikologis tentang emosi manusia di dalam Al-Qur’an. Jakarta : Erlangga. http://books.google.co.id
  13. Dewanto, G., Suwono, W.J., Riyanto, B., dan Turana, Y. (2007). Panduan praktis diagnosis dan tata laksana penyakit saraf. Penerbit Buku Kedokteran EGC.
  14. Darmojuwono, S., Kushartanti. (____). Pesona bahasa langkah awal memahami linguistikhttp://books.google.co.id
  15. Anggota IKAPI. (2006). Kesehatan mental 3. Yogyakarta : Kanisius. http://books.google.co.id
  16. Basuki, A.M.H. (2008). Psikologi umum. Jakarta : Universitas Gunadarma.
  17. Basuki, A.M.H. (2005). Kreativitas, keberbakatan intelektual dan faktor-faktor pendukung dalam pengembangannya. Jakarta : Universitas Gunadarma.
  18. http://id.wikipedia.org/wiki/Kognisi#Fungsi-fungsi_kognisi
  19. http://id.wikipedia.org/wiki/Manusia
  20. http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2012/03/analisa-perbedaan-struktur-kognisi-manusia-dan-arsitektur-komputer-nessya-editha-susantyo-10507170-4-pa-04-putri-lenggogeni-10507190-4-pa-04-2/
  21. Suryadi, H.S. (1994). Pengantar arsitektur komputer. Jakarta : Universitas Gunadarma.
  22. Anonim. (2012). Hand out arsitektur komputer TI 1,2,3,4.
  23. http://id.wikipedia.org/wiki/Arsitektur_komputer
  24. Suryadi, H.S. (1994). Pengantar arsitektur komputer. Jakarta : Universitas Gunadarma.
  25. Suryadi, H.S. (1996). Pengantar perancangan sistem informasi. Depok : Universitas Gunadarma.
  26. Suryadi, H.S. (1994). Pengantar arsitektur komputer. Jakarta : Universitas Gunadarma.
 
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: