RSS

Sistem Informasi Psikologi (1)

27 Sep

Sebelum menjelaskan tentang apa itu Sistem Informasi Psikologi, saya akan menjelaskannya terlebih dahulu satu persatu mulai dari apa itu sistem, informasi, psikologi, kemudian apa itu sistem informasi psikologi? Nah, di tulisan saya ini akan saya jelaskan yaaaah….🙂

1. Informasi (Information)

  • Etimologi

Informasi berasal  dari bahasa Perancis kuno yaitu informacion (tahun 1387) yang diambil dari bahasa latin yaitu informationem yang artinya garis besarm konsep, dan ide. Informasi juga merupakan kata benda dari informare yang berarti aktivitas dalam pengetahuan yang dikomunikasikan. (1)

  • Pengertian Informasi

Menurut  Anton M. Moeliono informasi adalah penerangan, keterangan, pemberitahuan, kabar atau berita. Informasi juga merupakan keterangan atau bahan nyata yang dapat dijadikan dasar kajian analisis atau kesimpulan. (2)

Menurut Krismiaji  “Informasi adalah data yang telah diorganisasi, dan telah memiliki kegunakan dan manfaat”. (3)

Menurut Kenneth C. Laudon informasi adalah data yang sudah dibentuk ke dalam sebuah formulir bentuk yang bermanfaat dan dapat digunakan untuk manusia. (4)

Suryadi menjelaskan bahwa informasi adalah sebuah istilah yang tidak tepat dalam pemakaiannya secara umum, informasi dapat mengenai data mentah, data tersusun.(5)

Kesimpulannya menurut saya informasi adalah suatu berita atau kabar yang bermanfaat yang disampaikan kepada orang lain baik secara lisan maupun tidak atau tertulis. Informasi yang lisan yaitu informasi yang diberikan melalui percakapan langsung dengan orang yang berkaitan, atau bisa juga melalui media telepon. Sementara informasi tertulis bisa berupa koran, dan majalah.

  • Perkembangan Informasi
Perkembangan informasi secara umum juga berhubungan dengan komunikasi, dikatakan umum karena teknologi informasi bukan hanya menyangkut dengan komputer, tapi semua peralatan yang digunakan manusia untuk menyampaikan informasi. Perkembangan teknologi informasi (6) dibagi menjadi 3 masa, yaitu :
1) Masa Prasejarah
Pada masa prasejarah manusia menggunakan dan mengembangkan berbagai teknologi informasi dan komunikasi. Pada zaman ini atau zaman batu, manusia menggunakan informasi berupa gambar yang menceritakan pengalaman kegiatan berburu dan gambar binatang hasil buruannya di dinding gua. pada masa ini manusia menggunakan isyarat bunyi dengan dengusan (seperti mengenduskan nafas) dan tanga untuk berkomunikasi, lalu menggunakan alat-alat yang menghasilkan bunyi seperti terompet yang dibuat dari tanduk binatang, genderang, api dan asap untuk menyampaikan pesan dari jarak yang jauh.
Pada masa prasejarah ini ada 2 jenis huruf yang digunakan, yaitu :
a. Huruf Pictograf (3000 SM)
Di masa ini bangsa Sumeira menggunakan simbol-simbol gambar yg dibentuk menjadi huruf-huruf (pictograf) yg mewakili suara-suara benda. Jika huruf-huruf ini dirangkai akan menjadi sebuah kata, kalimat dan bahasa.
Berikut gambarnya dibawah yaaaa
b. Huruf Hierogliph (2900 SM)
 Hierogliph digunakan oleh bangsa mesir, yaitu simbol yang mewakili ungkapan-ungkapan yang berbeda-beda, bahasa ini lebih modern dibandingkan dengan pictograf.
Ini ada lagi gambarnya🙂
2) Masa Sejarah
Penemuan kertas oleh bangsa Cina menjadi tanda perkembangan bahasa tulis dan cikal bakal kertas, saat itu kertas terbuat dari serat bambu yang dihaluskan, disaring, dicuci, dan kemudian diratakan dan dikeringkan. Dengan ditemukannya kertas muncullah teknologi pencetakan dengan menggunakan balok kayu yang dilumuri tinta dan dicapkan pada kertas sama sepperti stempel yang kita kenal sekarang.
3) Masa Modern
Pada masa modern ini berhubungan dengan perkembangan TIK, masa modern adalah sebagai berikut :
a. Mesin Cetak (Tahun 1455)
Mesin cetak diciptakan oleh Johann Guttenberg pertama dengan menggunakan pelat huruf yang terbuat dari besi, pelat tersebut dapat diganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu.
b. Analytical Machine (Tahun 1830)
Charles babbage menciptakan mesin analitik yang mampu memasukkan data, mengolahnya,  dan mengeluarkan bentuk output berupa kartu. Austa lady Byron untuk pertama kalinya menggunakan mesin ini untuk menulis sebuah program komputer pertama di dunia. Mesin ini bersifat mekanis yang menciptakan mesin digital satu abad setelah mesin ini yaitu komputer digital pertama yang disebut ENIC I.
c. Telegraf dan Kode Morse (Tahun 1837)
Telegraf dan Kode Morse diciptakan oleh Samuel Morse bersama dua temannya, yaitu Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone. Mereka berhasil mengirimkan berita melalui kabel dengan kode Morse (denyut listrik) diantara dua tempat yang berjauhan.
d. Film Pertama (Tahun 1861)
Film merupakan alat komunikasi untuk mengungkapkan gagasan atay mmenyampaikan pesan kepada orang banyak.
e. Pesawat Telepon dan Fotografi (Tahun 1877)
Alexander Graham Bell menciptakan dan mengembanggkan telepon yang dippergunakan secara umum untuk pertama kalinya. Pada masa ini, ditemukan pula footografi dengan kecepatan tinggi oleh Edward Maybridge.
f. Pita Penyimpan Magnetis (Tahun 1899)
Sisttem penyimpanan dalam tape (pita) magnetis yang terbuat dari pita plastik kuat yang disebut Mylar. Salah satu sisi pita tersebut dilapisi bahan magnet sejenis iron oxide (oksida besi).
g. TV Tabung (Tahun 1923)
Zvorkyn menciptakkan TV tabung pertama. Pada saat itu belum muncul teknologi transistor sehingga komponen elektronik yang digunakan masih beruppa tabung vakum.
h. Media Penyimpanan Magnetic Tape (Tahun 1940)
Pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang informasi terjadi pada masa Perang Dunia II, pengembangan ini bertujuan untuk kepentingan pengiriman dan penerimaan dokumen-dokumen militer yang disimpan dalam bentuk magnetic tape.
i. Hypertext (Tahun 1945)
Vanevar Bush mengembangkan sistem pengkodean menggunakan hypertext.  Dengan pengkodean hypertext, dapat diciptakan halaman-halaman web yang digunakan dalam internet.
j. Komputer Digital Pertam (Tahun 1946)
Setelah terciptanya analytical machine oleh Charles babbage diciptakan komputer digital pertama didunia yang diberi nama ENIAC I.
k. Transistor (Tahun 1948)
Peneliti di Bell telephone mengembangkan transistor untuk mengganti tabung vakum yang sebelumnya digunakan. Selain bentuknya kecil, transistor hanya membutuhkan sumber daya listrik yang kecil dan tidak menimbulkan panas.
l. Transistor Planar (Tahun 1957)
Dikembangkan komponen elektronik transistor oleh Jean Hoerni. teknologi ini jutaan transistor dapat dimasukkan kedalam satu keping kecil kristal silikon. Pada tahun 1957 Uni Soviet juga meluncurkan satelit bumi buatan yang ppertama, yaitu Sputnik yang bertugas sebagai mata-mata.
m. Jaringan Komputer Desentralisasi (Tahun 1962)
Rand Paul Barand dari perusahaan RAND ditugaskan untuk mengembangkan suatu sistem jaringan desentralisasi yang mampu mengendalikan sistem pemboman dan peluncuran peluru kendali dalam perng nuklir.
n. Jaringan Komputer Pertama di AS (Tahun 1969)
Sistem jaringan yang pertama di bentuk dengan menghubungkan empat titik tempat, yaitu University of California, SRI (Stanford), University California of Santa Barbara, dan University of  Utah dengan kekuatan 50 Kbps.
o. Program E-mail (Tahun 1972)
Ray Tomlinson yang pertama menciptakan program e-mail (pengiriman pesan teks/surat secara elektronik lewat internet)
p. Internet (1973-1990)
Istilah internet diperkenalkan dalam sebuah karya tulis mengenai TCp/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol), lalu dikembangkan sebuah protokol jaringan yang dikenal dengan nama TCP/IP. Protokol ini dikembangkan oleh grup DARPA. Pada tahun 1981, National Science Foundation mengembangkan Backbone yang disebut CSNET dengan kapasitas 56 Kbps untuk setiap intuisi dalam pemerintahan. Kemudian, pada tahun 1986 IETF mengembangkan sebuah server yang berfungsi sebagai alat koordinasi antara DARPA, ARPANET, DDN, dan internet Gateway.
q. Tahun 1991 – Sekarang
Perusahaan CERN mengembangkan sistem bisnis dalam bidang IT untuk pertama kalinya. Pada tahun 1992 dibentuk kelompok pengguna internet. Selain itu diperkenalkan pula istilah World
Wide Web (WWW). Pada tahun 1993, layanan jasa internet dikembangkan, termasuk penyediaan jasa direktori, penyimpanan data, serta database oleh perusahaan AT&T. Untuk menjadi anggota jaringan internet, disediakan jasa registrasi oleh perusahan Network Solution Inc dan jasa layanan informasi disediakan oelh General Atomucs/CERFnet. Sejak saat itu, internet mengalami kemajuan yang sangat pesat dan mulai memasuku berbagai segi kehidupan manusia.
  • Macam dan Jenis sumber informasi

Sebagai sumber informasi literatur dapat dibedakan menjadi sumber informasi primer dan sumber informasi sekunder (7) :

a. Sumber informasi primer

Sumber informasi primer adalah sumber yang melaporkan adanya informasi tersebut misalnya suatu penemuan baru. Contoh sumber informasi primer ini adalah :

  1. Paten dan standar
  2. Makalah pertemuan dan laporan
  3. Tesis dan disertasi
  4. Karangan asli atau artikel ilmiah
  5. Majalah atau jurnal ilmiah dan surat kabar

b. Sumber informasi sekunder

Sumber informasi sekunder merupakan daftar atau pencatatan dari sumber informasi primer. Contoh :

  1. Daftar buku
  2. Katalog
  3. Bibliografi
  4. Majalah indeks dan majalah abstrak

 Sedangkan berdasarkan waktu terbitnya, literatur dapat dikelompokkan menjadi :

a. Monograf seperti buku, brosur, selebaran, pamflet.

b. Berkala atau majalah/jurnal. Majalah ini ada yang terbitnya secara teratur misalnya seperti mingguan, bulanan, tiga bulanan, tahunan dsb., dan ada pula yang terbitnya tidak teratur tetapi terbit secara terus menerus dengan judul yang sama dan mempunyai nomor urut yang teratur.

  • Karakteristik Informasi Yang Baik (8)
  1. Relevan : Informasi dianggap relevan jika informasi itu berkaitan dengan keperluan pembuatan keputusan. Artinya informasi yang diterima harus relevan dengan permasalahan yang dihadapi. Contoh : Pertimbangan dalam seleksi karyawan berdasarkan latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, dan sertifikat pelatihan.
  2. Akurat : Informasi yang diterima harus benar, merefleksikan realita/objektif, tepat, tidak bias.
  3. Tepat Waktu : Informasi harus tersedia saat dibutuhkan.
  4. Lengkap dan memadai : Informasi yang diterima harus lengkap dan memadai dalam kuantitas dan kualitas sesuai dengan kebutuhan.
  5. Up to date : Lingkungan eksternal selalu berubah-ubah dan berbeda setiap saat.
  6. Dapat diandalkan : Informasi harus handal, dapat dipercaya, dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
  7. Dapat dimengerti : Informasi harus dapat dibaca dan dipahami dengan baik . Misalnya : dalam bentuk angka, tabel, dan grafik.
  8. Dapat dibandingkan : Informasi harus dapat dibandingkan dengan keadaan perusahaan saat ini, keadaan dimasa lalu, keadaan di masa akan datang, serta kemampuan potensial.
2. Sistem
Istilah sistem sangat banyak dipakai, misalnya kita membicarakan tentang sistem teknologi komputter, sistem pendidikan, untuk pelajaran biologi seperti sistem pencernaan pada manusia, dan hewan. Untuk sistem fisik manusia misalnya sistem transportasi, sistem peredaran darah dan sebagainya. Sebenarnya apa sih sistem itu? Nah dibawah ini akan dibahas beberapa tentang pengertian sistem…
  • Pengertian Sistem

Menurut Koentjaraningrat sistem adalah susunan yang berfungsi dan bergerak; suatu cabang ilmu niscaya mempunyai objeknya, dan objek yang menjadi sasaran itu umumnya dibatasi. Sehubungan dengan itu, maka setiap ilmu lazimnya mulai dengan merumuskan suatu batasan (definisi) perihal apa yang hendak dijadikan objek studinya.(9)

Suryadi mengatakan bahwa sistem dapat abstrak maupun fisik, sebuah sistem abstrak adalah suatu susunan teratur gagasan atau konsepsi yang saling tergantung, misalnya sistem teologi adalah sebuah susunan gagasan mengenai Tuhan, manusia dan sebagainya. (10)

Suatu sistem pada dasarnya adalah sekolompok unsur yang erat hubungannya satu dengan
yang lain, yang berfungsi bersamasama untuk mencapai tujuan tertentu. Secara sederhana,
suatu sistem dapat diartikan sebagai suatu kumpulan atau himpunan dari unsur, komponen, atau variabel yang terorganisir, saling berinteraksi, saling tergantung satu sama lain, dan terpadu. (11)

  • Elemen-elemen sistem

   Ada beberapa elemen yang membentuk sebuah sistem (12) , yaitu  :

1. Tujuan

Setiap sistem memiliki tujuan (Goal), entah hanya satu atau mungkin banyak. Tujuan inilah yang menjadi pemotivasi yang mengarahkan sistem. Tanpa tujuan, sistem menjadi tak terarah dan tak terkendali. Tentu saja, tujuan antara satu sistem dengan sistem yang lain berbeda.

2. Masukan

Masukan (input) sistem adalah segala sesuatu yang masuk ke dalam sistem dan selanjutnya menjadi bahan yang diproses. Masukan dapat berupa hal-hal yang berwujud (tampak secara fisik) maupun yang tidak tampak. Contoh masukan yang berwujud adalah bahan mentah, sedangkan contoh yang tidak berwujud adalah informasi (misalnya permintaan jasa pelanggan).

3. Proses

Proses merupakan bagian yang melakukan perubahan atau transformasi dari masukan menjadi keluaran yang berguna dan lbih bernilai, misalnya berupa informasi dan produk, tetapi juga bisa berupa hal-hal yang tidak berguna, misalnya saja sisa pembuangan atau limbah. Pada pabrik kimia, proses dapat berupa bahan mentah. Pada rumah sakit, proses dapat berupa aktivitas pembedahan pasien.

4. Keluaran

Keluaran (output) merupakan hasil dari pemrosesan. Pada sistem informasi, keluaran bisa berupa suatu informasi, saran, cetakan laporan, dan sebagainya.

5. Batas

Yang disebut batas (boundary) sistem adalah pemisah antara sistem dan daerah di luar sistem (lingkungan). Batas sistem menentukan konfigurasi, ruang lingkup, atau kemampuan sistem. Sebagai contoh, tim sepakbola mempunyai aturan permainan dan keterbatasan kemampuan pemain. Pertumbuhan sebuah toko kelontong dipengaruhi oleh pembelian pelanggan, gerakan pesaing dan keterbatasan dana dari bank. Tentu saja batas sebuah sistem dapat dikurangi atau dimodifikasi sehingga akan mengubah perilaku sistem. Sebagai contoh, dengan menjual saham ke publik, sebuah perusahaan dapat mengurangi keterbasatan dana.

6. Mekanisme Pengendalian dan Umpan Balik

Mekanisme pengendalian (control mechanism) diwujudkan dengan menggunakan umpan balik (feedback), yang mencuplik keluaran. Umpan balik ini digunakan untuk mengendalikan baik masukan maupun proses. Tujuannya adalah untuk mengatur agar sistem berjalan sesuai dengan tujuan.

7. Lingkungan

Lingkungan adalah segala sesuatu yang berada diluar sistem. Lingkungan bisa berpengaruh terhadap operasi sistem dalam arti bisa merugikan atau menguntungkan sistem itu sendiri. Lingkungan yang merugikan tentu saja harus ditahan dan dikendalikan supaya tidak mengganggu kelangsungan operasi sistem, sedangkan yang menguntungkan tetap harus terus dijaga, karena akan memacu terhadap kelangsungan hidup sistem.

  • Karakteristik Sistem (13)

1. Komponen (Component)

Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, bekerja sama
membentuk satu kesatuan. Komponen-komponen sistem dapat berupa suatu subsistem atau
bagian-bagian dari sistem. Setiap sistem tidak perduli betapapun kecilnya, selalu
mengandung komponen-komponen atau subsistem-subsistem. Setiap subsistem mempunyai
sifat-sifat dari sistem untuk menjalankan suatu fungsi tertentu dan mempengaruhi proses
sistem secara keseluruhan. Suatu sistem dapat mempunyai suatu sistem yang lebih besar yang
disebut supra sistem, misalnya suatu perusahaan dapat disebut dengan suatu sistem dan
industri yang merupakan sistem yang lebih besar dapat disebut dengan supra sistem. Kalau
dipandang industri sebagai suatu sistem, maka perusahaan dapat disebut sebagai subsistem.
Demikian juga bila perusahaan dipandang sebagai suatu sistem, maka sistem akuntansi
adalah subsistemnya.

2. Batas Sistem (Boundary)

Batas sistem merupakan daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem yang lainnya atau dengan lingkungan luarnya. Batas sistem ini memungkinkan suatu sistem dipandang sebagai suatu kesatuan, karena dengan batas sistem ini fungsi dan tugas dari subsistem yang satu dengan lainnya berbeda tetapi tetap saling berinteraksi. Batas suatu sistem menunjukkan ruang lingkup (scope) dari sistem tersebut.

3. Lingkungan Luar Sistem (Environment)

Segala sesuatu diluar dari batas sistem yang mempengaruhi operasi dari suatu sistem. Lingkungan luar sistem ini dapat bersifat menguntungkan atau merugikan. Lingkungan luar yang menguntungkan harus dipelihara dan dijaga agar tidak hilang pengaruhnya, sedangkan lingkungan luar yang merugikan harus dimusnahkan dikendalikan agar tidak mengganggu operasi sistem.

4. Penghubung Sistem (Interface)

Merupakan media penghubung antara satu subsistem dengan subsistem yang lainnya. Untuk membentuk satu kesatuan, sehingga sumber-sumber daya mengalir dari subsistem yang satu ke subsistem yang lainnya. Dengan kata lain output dari suatu subsistem akan menjadi input dari subsistem yang lainnya.

5.Masukan sistem (Input)

Merupakan energi yang dimasukkan ke dalam sistem. Masukan dapat berupa Masukan Perawatan (Maintenance Input) adalah energi yang dimasukkan supaya sistem tersebut dapat beroperasi. Masukan Sinyal (Signal Input) adalah energi yang diproses untuk didapatkan keluaran.
Sebagai contoh didalam sistem komputer, program adalah maintanance input yang digunakan untuk mengoperasikan komputernya dan data adalah signal input untuk diolah menjadi informasi.

6. Keluaran Sistem (Output)

Merupakan hasil dari energi yang diolah oleh sistem. Meliputi : Keluaran yang berguna, contohnya Informasi yang dikeluarkan oleh komputer. Dan Keluaran yang tidak berguna yang dikenal sebagai sisa pembuangan, contohnya panas yang dikeluarkan oleh komputer.

7. Pengolah Sistem (Process)

Merupakan bagian yang memproses masukan untuk menjadi keluaran yang diinginkan. Contoh CPU pada Komputer, Bagian Produksi yang mengubah bahan baku menjadi barang jadi, Bagian akuntansi yang mengolah data transaksi menjadi laporan keuangan.

8.Tujuan Sistem (Goal)

Setiap sistem pasti mempunyai tujuan ataupun sasaran yang mempengaruhi input yang dibutuhkan dan output yang dihasilkan. Dengan kata lain suatu sistem akan dikatakan berhasil kalau pengoperasian sistem itu mengenai sasaran atau tujuannya. Sistem yang tidak mempunyai sasaran, maka operasi sistem tidak akan ada gunanya.

3. Psikologi

  • Definisi Psikologi
    Psikologi secara adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia dan hewan, tetapi lebih di khususkan ke manusia. Psikologi yang mempelajari tentang perilaku hewan itu gimana? Psikologi yang mempelajari tentang perilaku hewan itu contohnya seperti pelatih sirkus dan kebun binatang ini menurut saya yaaa…

Berikut Definisi Psikologi menurut beberapa tokoh :

Plato dan Aristoteles berpendapat bahwa psikologi ialah ilmu pengetahuan yang mempelajari tetang hakikat jiwa serta prosesnya sampai akhir. (14)

Wilhelm Wundt, tokoh psikologi eksperimental berpendapat bahwa psikologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari pengalaman-pengalaman yang timbul dalam diri manusia, seperti perasaan panca indra, pikiran, merasa (feeling) dan kehendak. (15)

Menurut Bapak Heru Basuki psikologi adalah ilmu pengetahuan (ilmiah) yang mempelajari perilaku, sebagai manifestasi dari kesadaran proses mental, aktivitas motorik, kognitif dan juga emosional. (16)

  • Tujuan Psikologi

Plotnik  mendeskripsikan tujuan dari psikologi sebagai berikut (17) :

  1. Mendeskripsikan beraneka macam cara perilaku organisme.
  2. Menjelaskan sebab-sebab dari perilaku.
  3. Memprediksikan bagaimana organisme akan berperilaku dalam suatu situasi tertentu.
  • Sejarah Psikologi

Sebagai bagian dari ilmu pengetahuan, psikologi melalui sebuah perjalanan panjang. Bahkan sebelum Wundt mendeklarasiikan laboratoriumnya tahun 1879 – yang dipandang sebagai kelahiran psikologi sebagai ilmu – pandangan tentang manusia dapat ditelusuri jauh ke masa Yunani kuno. Dapat dikatakan bahwa sejarah psikologi sejalan dengan perkembangan intelekstual di Eropa, dan mendapatkan bentuk pragmatisnya di benua Amerika.

Berdasarkan pandangan tersebut, bagian Sejarah Psikologi ini akan dibagi ke dalam beberapa periode dengan berbagai tokohnya. (18)

4. Sistem Informasi Psikologi

  • Sistem Informasi

Sistem Informasi merupakan suatu kombinasi teratur dari orang-orang, hardware, software, jaringan komunikasi dan sumber daya data yang mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi dalam sebuah organisasi. Sistem informasi adalah sekumpulan komponen pembentuk sistem yang mempunyai keterkaitan antara satu komponen dengan komponen lainnya yang bertujuan menghasilkan suatu  informasi dalam suatu bidang tertentu.(19)

Era 1990-an dinyatkan oleh kongres Amerika Serikat sebagai dekade otak (decade of the brain). pada periode ini penelitian-penelitian psikologi banyak diarahkan pada penelitian bidang kognitif (penalaran), termasuk munculnya berbagai penelitian inteligensi artifisial (AI). Penelitian AI ini kemudian mendasari maraknya perkembangan komputer. Sampai saat ini, psikologi kognitif telah berjalan menjadi salah satu landasan dalam teknologi modern yaitu dengan tumbuh dan berkembangnya inteligensi artifisial. Seperti yang kita ketahui bahwa otak merupakan pusat semua data yang bertugas menyampaikan semua informasi yang ditangkap oleh panca indra. (20)

  • Sistem Informasi Psikologi

Dari beberapa penjelasan diatas sistem informasi psikologi adalah bidang ilmu yang mempelajari tentang hubungan antara ilmu psikologi dengan penggunaan komputer sebagai aplikasinya dalam bidang psikologi. Sebagai contoh penelitian di bidang kognitif sains, menggunakan aplikasi komputer sebagai media (gambar otak manusia)untuk melihat proses berfikir manusia jadi tidak harus membelah kepala manusia karena gambar otak manusia diaplikasikan ke dalam komputer. Contoh lainnya adalah laboratorium psikologi Gunadarma menggunakan komputer untuk menghitung skor salah satu alat tes, jadi praktikan tidak perlu menghitung manual karena aplikasinya sudah tersedia di komputer. Ilmu psikologi berkembang karena adanya perkembangan teknologi komputer yang semakin pesat.

Referensi :

  1. http://id.wikipedia.org/wiki/Informasi
  2. http://carapedia.com/pengertian_definisi_informasi_menurut_para_ahli_info504.html
  3. http://id.shvoong.com/writing-and-speaking/2124388-pengertian-sistem-informasi-menurut-para/#ixzz27fUIi6pu
  4. Chr. Jimmy L. Gaol. (2008). Sistem informasi  manajemen : Pemahaman dan aplikasi. Grasindo (google book).
  5. Suryadi. (1996). Pengantar sistem informasi. Universitas Gunadarma.
  6. Y. Maryono , dan B. Patmi Istiana. (2007) Teknologi Informasi & komunikasi. Penerbit :Yudistira. (google book)
  7. Nuraida, I. (2008). Manajemen administrasi perkantoran. Penerbit. Kanisius (google book)
  8. http://id.shvoong.com/social-sciences/communication-media-studies/2263114-macam-dan-jenis-sumber-informasi/
  9. http://carapedia.com/pengertian_definisi_sistem_menurut_para_ahli_info512.html
  10.  Suryadi. (1996). Pengantar sistem informasi. Universitas Gunadarma.
  11. http://apr1l-si.comuf.com/SI.pdf
  12.  http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem
  13. Karakteristik sistem . Parno. Konsep dasar sistem informasi.
  14. Ahmadi, A. (2009). Psikologi Umum. Jakarta : Rineka Cipta.
  15. Ahmadi, A. (2009). Psikologi Umum. Jakarta : Rineka Cipta.
  16. Basuki, A.M.H. (2008). Psikologi umum. Depok : Universitas Gunadarma.
  17. Plotnik, R.  (2005). Introduction of psychology 5th edition. Australia : Thomson & Wadworth.
  18. http://rumahbelajarpsikologi.com/index.php/sejarah-psikologi-mainmenu-46
  19.  http://saifulrahman.lecture.ub.ac.id/files/2010/03/Pengantar-Sistem-Informasi.pdf
  20.  Zahra, R., dan Satiadarma, M.P. (____). Cerdas dengan musik. Puspa Swara.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: