RSS

Keunggulan aktivasi otak tengah ???

01 Jan
Akhir-akhir ini masyarakat Indonesia ramai dan heboh membicarakan tentang “Aktivasi Otak Tengah”, Dikatakan bahwa jika mengaktifkan otak tengah anak-anak bisa memiliki kemampuan yang lebih, dan daya konsentrasi yang lebih tinggi. Percaya tidak percaya aktivasi otak tengah ini melalui training atua seperti pelatihan selam 2 atau tiga hari dengan biaya yang cukup mahal, well dengan hasil yang lebih baik mungkin biaya tidak masalah. bayangkan saja dalam waktu yang sangat singkat bisa menjadi seseorang yang sangat jenius🙂
Kemampuan otak tengah ering disalahartikan dengan kemampuan supranatural atau hipnotis.
Yah, saya sendiri juga antara percaya dan tidak percaya, karena teman saya sendiri mengikuti pelatihan aktivasi otak tengah selama tiga hari dengan biaya RP.12.000.000,-
berarti 3juta perhari. Woow,,, tidak murah kan???
Sebelum dia mengikuti pelatihan, teman saya mengistirahatkan otaknya, teman saya seharian dirumah agar otaknya relax, dan setelah mengikuti pelatihan aktivasi otak tengah teman saya mampu membaca atau melihat apa yang sedang saya bayangkan atau pikirkan dan juga bisa membaca masa lampau🙂
Terkesan seperti paranormal yaaah🙂
Sebelum mengetahui lebih jauh apasih keunggulan aktivasi otak tengah ada baiknya kita mengetahui apa itu otak tengah atau Midbrain.
Otak tengah yang telah aktif dapat membantu perkembangan otak anak. Bagian otak yang kurang dominan akan dirangsang untuk berkembang menyamai kemampuan otak yang dominan. Setelah itu, secara sinergis, dan mencapai  kapasitasnya yang tidak akan didapat tanpa keterlibatan dari otak tengah.
Peningkatan daya ingat, daya angkap, dan konsentrasi adalah sebagian kecil dari keuntungan yang diperoleh setelah otak tengah seorang anak diaktifkan. Kemampuan mental dan karakter anak juga akan banyak terpengaruh. Keseimbangan otak kanan dan otak kiri akan membuat emosi seorang anak menjadi lebih stabil.

Otak tengah (mesencephalon) atau (midbrain) adalah bagian terkecil dari otak yang berfungsi sebagai stasiunrelai untuk informasi pendengaran (inferior colliculi) dan penglihatan (superior colliculi). Otak tengah mengontrolberbagai fungsi penting seperti sistem visual dan pendengaran serta gerakan mata. Beberapa bagian dari otak tengah yang disebut nukleus  merah (red nucleus) dan substantia nigra berfungsi dalam mengontrol gerakan badan. Substantia nigra yang berwarna gelap berisi banyak neuron yang memproduksi dopamine. Pada umumnya, berkurangnya neuron di substantia nigra menyebabkan terjadinya penyakit parkinson.  Otak tengah juga adalah bagian awal dari batang otak. Otak tersebut terdiri dari tectum dan tegmentum. Kedua bagian ini juga berfungsi dalam penglihatan, pendengaran, pergerakan mata, serta gerakan tubuh lainnya.
Otak tengah dapat diaktifkan secara ” manual ” ataupun alami. Orang2 yang otak tengahnya aktif secara alami biasanya disebut orang2 dengan kemampuan luar biasa, misalnya tuna netra yang bisa melihat, dimungkinkan otak tengahnya aktif secara alami.
Bila otak tengah diaktifkan, daya konsentrasi akan meningkat, kemampuan fisik berkembang, otak kanan dan kiri seimbang, ada keseimbangan hormon, dan daya intuisi meningkat.
Ada efek ajaib dari aktivasi otak tengah, misalnya bisa mendeteksi penyakit, menerima sinyal firasat, memprediksi masa mendatang, menebak kartu, mewarnai tanpa melihat, dan sebagainya.
Adanya penemuan baru di dunia psikologi, yaitu dapat berhasil mengaktifkan otak tengah (midbrain) anak-anak, misalnya melalui Metode Belajar Midbrain, karena setelah diaktifkan, midbrain akan mengeluarkan gelombang otak untuk merasakan dan bereaksi terhadap benda2 di luar.
Training aktivasi otak tengah efektif untuk usia anak 5 – 15 tahun, yang biasa dilakukan dengan Metode Belajar Menutup Mata, untuk membantu anak2-anak memasuki kondisi terbimbing midbrain. Sehingga mereka dapat secara seimbang menggunakan otak kanan dan otak kiri, serta mengembangkan potensi terbesar dari daya otak. Memejamkan mata membantu anak lebih fokus/konsentrasi, setelah terbiasa tidak perlu lagi menutup mata juga dapat menggunakan otak tengah/midbrain dan terjadi keseimbangan antara otak kanan dan kirinya.
Beberapa Keunggulan Aktivasi Otak Tengah
1. Meningkatkan Konsentrasi
2. Meningkatkan Daya Ingat
3. Meningkatkan Kreativitas
4. Lebih Cerdik
5. Lebih Berbakat
6. Hormon Lebih Seimbang
7. Membentuk Karakter Positif
8. Emosi Lebih Stabil
9. Lebih Berprestasi
10.Daya konsentrasi akan meningkat
11.Kemampuan fisik berkembangotak kanan dan kiri seimbang
12.Daya intuisi meningkat
13. Kemampuan melihat dengan mata tertutup
Kemampuan mewarnai dengan mata tertutup
Kegiatan dengan mata tertutup adalah suatu kegiatan yang paling nyata dapat dilihat. Seorang anak yang telah diaktivasi otak tengahnya (Mid Brain Activated) dapat mempunyai kemampuan luar biasa. Kemampuan ini bahkan sering kali dipertontonkan secara menakjubkan dalam program hiburan sulap. Setelah melihat kemampuan anak yang telah diaktivasi, sebagian besar acara pertandingan sulap di The Master menjadi kurang menarik. Karena hal ini dapat dilakukan sendiri oleh anak-anak polos yang hanya mengikuti training aktivasi otak tengah selama 2 hari. Kemampuan dasar yang dapat dilakukan adalah ‘melihat’ kartu dengan mata ditutup (blind fold). Christofle (9 thn) misalnya, setelah mengikuti training aktivasi otak tengah, dapat mengurutkan seluruh kartu remi sesuai dengan angka, warna dan bentuk gambar kartu dengan mata tertutup. Ia dapat mempergunakan indra raba untuk melihat pola dan warna lengkap dengan angka hanya dengan penglihatan kulit (Skin Vision).
Pengelompokan warna
Kemampuan berjalan dengan mata tertutup

Kemampuan lain yang dapat dilakukan oleh anak-anak ini adalah berjalan dengan mata ditutup, tanpa menabrak. Dilakukan percobaan pada seorang anak yang berjalan dengan mata ditutup kain. Seseorang sengaja menghalangi jalan didepannya. Dia serta merta dapat menghindari rintangan tersebut tanpa menyentuhnya. Seorang anak bahkan dapat mengenali ayahnya diantara kerumunan orang-tua lainnya, tanpa menyentuh dan mendengar suaranya.

Otak tengah merupakan jembatan yang menghubungkan dan menyeimbangkan fungsi otak kiri dan otak kanan. Sehingga apabila otak tengah telah diaktifkan, kemungkinan besarnya fungsi otak kiri dan otak kanan akan bekerja secara maksimal. Itu dikarenakan pengaktifan otak tengah bisa mengembalikan kekuatan otak pada keadaan semula. ketika otak tengah diaktifkan maka anak-anak akan memiliki akses yang mudah baik otak kiri, maupun otak kanan untuk lebih konsentrasi terhadap pelajaran. Daya kecepatan meghafalnya pun akan lebih sempurna Selain itu juga. Kelebihan dari pengaktifan otak tengah yaitu anak akan bisa membaca atau melakukan aktivitas lainnya dengan mata tertutup.
Well…. bagaimana apakah teman-teman ingin mencoba mengkatifkan otak tengah??? atau tanpa aktifasi otak tengah teman-teman sudah ada yang mampu berjalan dengan mata tertutup??? oke. you wanna try🙂

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Otak_tengah
http://black-choise.blogspot.com/2010/12/aktivasi-otak-tengah.htmlBuku Dahsyatnya Otak Tengah oleh Hartono Sangkanparan

 

2 responses to “Keunggulan aktivasi otak tengah ???

  1. Master Mohd razali bin mat rani

    October 25, 2012 at 9:49 pm

    Salam sy mohd razali bin mat rani, saya duduk d ppr kg muhibbah jalan puchong,kl ,call saya 013 3484 947 ;otak tengah sama kan dengan six sense iaitu pancaindera ke 6 kan, otak tengah jugak di katakan tenaga di bawah sedar atau di panggil dalam ilmu tasauf diri sebenar diri.
    Aktif kan otak tengah untuk dewasa ada kan dr razali , dr sir shofri azral ada katakan dia adalah tenaga elektrik dalam badan manusia itu lah punca daripada six sense atau otak tengah.

     
  2. Master Mohd razali bin mat rani

    October 25, 2012 at 9:53 pm

    blok E 03-…?
    PPR KG MUHIBBAH ,JALAN PUCHONG 58200 KUALA LUMPUR, SIX SENSE ATAU OTAK TENGAH ATAU PANCAINDERA KE 6 BENDA YANG SAMA SAHAJA ,PERLU BUAT MEDITASI ATAU PENYELARASAN TENAGA MELALUI KATA SARANAN KEPADA MINDA ( DIRI )!!! SESIAPA MAHU ILMU INI CALL SAYA MASTER MOHD RAZALI BIN MAT RANI =
    013 3484947:

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: