RSS

Malas belajar???

17 Feb

Malas Belajar???

Heyy,,, tau gak seh ada berapa banyak pelajar sampai mahasiswa di negara kita itu malas belajar??? wahh mungkin gak keitung kali yah? Atau jangan-jangan kalian termasuk? Yah bisa di bilang begitu, tapi aku gak malas-malas banget tuuh…ehheeh…

Di zaman yang semakin maju nih, dari tingkat pelajar sampai mahasiswa itu malas belajar! Emang seh gak semuanya malas tapi sebagian besar. Apalagi yang namanya mahasiswa, dosen dateng telat dikit ajah ahh udah pada males ajah atau ada juga yang senang dan berharap dosennya gak datang…  nah dari segi waktu ajah dah ketahuan banget mereka males, bukannya nunjukin kualitas baik dalam kemampuan kognitif, psikomotorik, tapi malah nunjukin kemalasannya. Aku kasih  contoh anak sekolah. Mereka jadiin sekolah itu cuma  formalitas, cari ngebetan, ngeceng, bentuk geng, ada yang ditakutin dan ada juga yang buat nakut-nakutin. Ini contoh dalam masalah KEMALASAN yah, tapi gak semua sih males…

Sebenarnya apa sih penyebab kemalsan itu sendiri? Ada banyak alasan sih baik dari dalam maupun dari luar sekolah. Faktor internalnya itu yah diri kita sendiri. Dari dalam sekolah nih contoh gampangnya dehh, pasti setiap sekolah itu ada guru yang menakutkan dan galak atau lebih dikenal dengan KILLER, pelajararn yang semakin susah, bukunya tebal-tebal jadi males bacanya. Jangankan baca, negeliatnya ajah udah males. Kalo pengaruh dari luar seh banyak, banyaknya tempat nongkrong, kafe, main game, mal  dan lainnya. Ada juga faktor-faktor dari keluarga, seperti kondisi ekonomi, broken home.  Kemalasan ini berdampak banget, seperti nilainya menurun, prestasi pelajar juga menurun. Selain itu kita juga perlu motivasi sebelum belajar jadi waktu belajar kita jadi semangat.

Kemalasan juga menyebabkan kelemahan fungsi otak, otak jadi lemah. Otak itu organ yang jika dirawat, dipelihara, dijaga dan diasah secara teratur dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama. Otak gak kayak organ tubuh lain yang semakin lama atau tua semakin rusak.

Jadi jangan dibiasakan otak itu gak bekerja, malah digunakan untuk hal-hal yang gak rasional, seperti waktu ujian, kan aku punya temen yang pintar jadi tinggal nyontek juga. Nah yah miungkin temen yang pintar itu gak pelit tapi apa keuntungannya buat kamu? Nilai yang bagus? Cuma sementara, besok-besok gimana? Jadi sayang kan kalo otak gak diasah baik-baik seperti pribahasa “Alah bisa karena biasa”.

Jadi, kita sebagai pelajar ataupun mahasiswa harus menyadari tugas dan tanggung jawab kita sebagai generasi penerus bangsa. Peran ortu juga ngaruh banget loh, jadi bukan guru atau dosen ajah yang bertanggung jawab atas pendidikan anaknya. Tapi ortu juga kayak memberikan dukungan supaya anaknya itu semangat belajar. Baik untuk kecerdasan spiritual, mental, moral, dan sosial.

Ada beberapa tips untuk memberantas kemalasan:

  • Niat dan kesadaran pribadi

Yang paling utama itu adalah niat serta kesadaran dari diri sendiri. Kalo belum ada niat bakalan gak enak buat seterusnya.

  • Penyemangat

Kalian bisa bikin beberapa kalimat penyemangat atau moto hidup agar kalian gak males. Contohnya “ I’m the best”, atau “Aku pasti bisa”

  • Jangan takut bersaing

Kalo kita gak punya saiangan, bagaimana kita tahu kalo kita itu mampu? Jadi harus bersaing secara sehat. Jangan melihat teman yang nilainya lebih rendah tapi lihat ke atas, ke teman yang nilainya

lebih tinggi. Dan jangan lupa kalimat penyemangatnya “ Aku yakin bisa lebih dari Dia”

  • Say No To BOLOS!!!

Jangan pernah deh nyoba-nyoba bolos karena bakalan ketagihan tuh,, aduuh rugi banget deh gak ngikutin pelajaran. Bolos emang enak tapi dampaknya gak banget tuuh.

  • Berangan Jadi Hebat

Gak ada salahnya tuh kalo kalian berangan-angan yang tinggi, asal harus dijalanin dan harus bisa mencapainya. Semua hal dimulai dari nol. Jadi harus semangat.

  • Banyak Baca Banyak Tahu

Mungkin baca itu membosankan tapi jangan salah kalo belum di mulai kita gak tau. Kenapa banyak yang suka baca novel dari pada baca buku pelajaran? Boleh ajah baca novel tapi jangan lupa

belajar dong. Karena kita gak bakal rugi baca buku pelajaran, karena semakin banyak baca makin banyak kita tahu.

  • Jangan Takut Gagal

Gak ada kata terlambat buat belajar, jika gagal kalian masih bisa mencobanya lagi “Kegagalan adalah Keberhasilan yang tertunda”. Kalian harus belajar dari kegagalan dan berusaha menjadi lebih

baik.

 
Leave a comment

Posted by on February 17, 2010 in Belajar, Tips & Trick

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: