RSS

Kenali dan Hindari Sejak Dini Kanker PAYUDARA

17 Feb

Kanker payudara terus melejit sebagai momok kaum wanita di dunia. Angka kasus yang terjadi petahunnya terus menerus bertambah. Menurut Data World Health Organization, sebagaimana dikutip dari situsnya, saat ini terdapat sekitar satu juta kasus kanker payudara per tahunnya.

Namun sayangnya, belum banyak wanita yang menyadari dan menjalankan pendektesian dirin sebagai upaya pencegahan kanker payudara. Sepeerti di Indonesia, sekitar 50% penderita kanker ini datang ke dokter setelah berada pada stadium lanjut. Para ahli medis menyarankan, semakin dini mengetahui keberadaan kanker pada organ wanita ini, semakin besar kemungkinan penderita memiliki kualitas hidup lebih baik melalui penanganan medis yang tepat. Untuk itu ada beberapa kiat untuk mendeteksi dan menunjang kesehatan payudara Anda, seperti:

DETEKSI DINI BENJOLAN PADA PAYUDARA

Dapat diawali dengan rutin melakukan pemeriksaan payudara sendiri sejak usia 20 tahun. Pemeriksaan ini dapat dilakukan dengan cara mengangkat tangan kiri ke atas lalu meraba payudara sebelah kiri dan kanan secara bergantian dengan cara memutar.

Apabila ditemukan bejolan yang tetap (di luar masa menjelang menstruasi), segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan klinis. Untuk yang sudah berusia 35 tahun, disarankan juga untuk melakukan pemeriksaan.

WASPADAI WANITA DENGAN FAKTOR RISIKO TINGGI

Menurut situs Depkes, walau penyebab timbulnya kanker ini belum ditemukan, faktor risiko tinggi dapat terjadi pada wanita dia atas umur 40 tahun dan tidak memiliki anak, atau seorang wanita yang memiliki anak dia atas umur 35 tahun, mengalami menstruasi pada usia dini, dan menopause terlambat. Selanjutnya, risiko ini juga dapat menimpa wanita yang tidak menyusui, mendapat obat hormonal dalam waktu lama, dan memiliki riwayat keluarga penderita payudara.

MENERAPKAN POLA HIDUP SEHAT

Diawali dengan rutin menkonsumsi makanan sehat, perbanyak konsumsi sayur dan buah, serta hindari konsumsi lemak berlebihan. Gaya hidup sehat lainnya yang dapat diterapkan dengan tidak merokok, menghindari asupan kafein dan alkohol berlebihan, serta perbanyak minum air putih.

RUTIN BEROLAHRAGA

Berolahragalah secara rutin dan jangan lupa kenakan baju olahraga yang nyaman, terutama sport bra yang mendukung aktivitas tersebut. Jangan berolahraga dan beraktivitas luar saat terik sinar matahari berlebiahan, karena dapat merusak elastisitas kulit.

 
Leave a comment

Posted by on February 17, 2010 in Kanker Payudara, Tips & Trick

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: